Sabtu, 15 Maret 2014

Good Character Success In Life with NLP & HypnoLearning

     Seminar yang diadakan oleh Universitas Borobudur Jakarta, pada tanggal 15 Maret 2014 membahas tentang Good Character Success In Life. Ilmu yang didapat sangat bermanfaat terutama sebagai orangtua, dan sebagai guru di Sekolah Alam Jingga . Agar ilmu tidak hilang dikemudian hari, maka saya memberikan resume agar bisa dibaca dan bermanfaat bagi teman-teman sekalian.
    Mengembangkan daya berpikir positif dimulai dari diri kita pribadi, yaitu pertama, jagalah pikiran anda selalu positif, dan buatlah pikiran dalam kenyataan dalam ucapan anda. Kedua, jagalah ucapan anda karena ucapan anda harus dapat menyesuaikan perilaku anda. Ketiga, jagalah perilaku anda karena perilaku anda dapat membentuk kebiasaan anda sehari-hari. Keempat, Jagalah kebiasaan anda secara terus menerus, karena kebisaaan anda akan menjadi nilai tersendiri. Kelima, Jagalah nilai positif anda karena nilai anda akan menjadi karakter anda.
     Ada tiga pintu dalam pikiran manusia, semuanya akan saling berkaitan yaitu pikiran, perasaan dan gerak-gerik. Dalam kasus seseorang yang lalui galau, bête, maka orang tersebut jangan duduk dikursi sambil memikirkan masalah yang dihadapi, tetapi orang tersebut berbuat sesuatu dengan berjalan keluar, maka pikiran stress akan hilang dengan sendirinya.
    Peran orangtua dalam mendidik anak harus menggunakan pacing (menyesuaikan diri dengan kondisi anak) bukan sebaliknya anak yang harus menyesuikan pikiran orangtua. Kebanyakan fenonema orangtua yang bekerja untuk anak, dan istri, tapi pada hakikatnya mereka tidak menghiraukan keadaan psikologis anak. Orangtua hanya mengejar materi, sehingga anak dan orangtua terdapat kesenjangan dalam kehidupan sehari-hari.
    Sekolah dalam mengajarkan system pendidikan karakter sebagian sudah mulai menanamkan pendidikan karakter, tapi orangtua tidak dapat mengikuti pendidikan sekolah. Sehingga banyak sekali anak yang pandai, terampil di sekolah, tapi sampai di rumah mereka tidak dapat menerapkannya. Seharusnya pendidikan karakter di sekolah haruslah di mulai dari orangtua terlebih dahulu, karena sebagian waktu anak-anak dihabiskan di rumah bersama dengan orangtua.
     Merubah manusia dapat melalui berbagai dimensi, yaitu pertama lingkungan, buatlah lingkungan yang kondusif agar manusia bisa berubah lebih baik, kedua perilaku, anak dibawah 5 tahun pada dasarnya suka meniru, jadi buatlah perilaku yang baik dengan tidak mengajari pada ketakutan yang tidak beralasan. Ketiga kemahiran, tidak takut terhadap binatang kecoa, dengan memegang, mengendalikan binatang kecoa. keempat keyakinan, meyakini bahwa kecoa adalah binatang tidak berbahaya bagi manusia. kelima identitas diri, mengenal jati pribadi sendiri, yang tadinya penakut jadi pemberani terhadap kecoa. keenam spiritual, meyakini bahwa adalah rahmatan lilalamin, dengan meyakini mencintai semua binatang.
     Anda dapat melakukan hipnotis dengan cara, yaitu pertama Suggestion, menerima ide tanpa dikritik, kedua rapport, menjalin keakraban dengan yang akan dihipnotis, ketiga ideosensory activities, yaitu kegiatan ide indera (80% sebenarnya tertangkap, tapi hanya 20% yang terekam), keempat amnesia, dengan tidak ingat pada saat lupa maka gampang di suruh, kelima association (menyatu, dan menjiwai yang sedang dilakukan missal pada saat nonton bola) dan dissociation (memisah), keenam halusination negative (benda ada tapi tidak ada seperti pacaran dirumah mertua dianggap mertua tidak ada, tidak memerhatikan benda lain) dan positif (benda tidak ada tapi ada seperti hantu) , ketujuh time distortion yaitu kebingungan atas waktu, yaitu melakukan sesuatu yang disenangi sehingga tidak cukup waktu, padahal waktu adalah sama. Kedelapan hypnagogic, pada saat menjelang tidur, kesembilan hypnopompic, keadaan saat bangun tidur. Sepuluh, hypnosleep, pada saat tidur, dalam dilakukan hipnotis.


Tidak ada komentar: